KASYIFATUS AS-SAJA (3)

**وفى رواية اذا كتبتم كتابا فاكتبوا فى أوله بسم الله الرحمن الرحيم واذا كتبتموها فقرؤوها وروى عنه صلى الله عليه وسلم أنه قال تخلقوا باخلاق الله ولا شك ان عادته تعالى فى ابتداء كل سورة الاتيان بالبسملة سوى براءة فنحن مأمرون به وعملا بحديث أبى داود وغيره كل أمر ذى بال لايبدأ فيه بسم الله الرحمن الرحيم فهو أبتر أو أقتع أو أجزم والبل الشرف والعظمة أو الحال والشان الذى يهتم به شرعا ومعنى الاهتمام به طلبه أو اباحته بان لايكون مهرما لذاته ولامكروها لذاته لكن لاتطلب البسملة على محقرات الامور ككنس زبل ولاتطلب للذكر المحض كالتهليل وقال الشيخ عميرة والبال أيضا القلب كأن الامر لشرفه وعظمه ملك قلب صاحبه لاشتغاله به وفى قوله فيه للسببية على قياس قوله صلى الله عليه وسلم دخلت امرأة النار فى هرة أى بسببها حبستها وهى امرأة من بنى اسراءيل والابتر مقطوع الذنب والاقطع من قطعت يداه أو احدا هما والاجزم بالذل المعجمة المقطوع اليد وقيل الذاهب الانامل*


Terjemah kajian :

 وفى رواية اذا كتبتم كتابا فاكتبوا فى أوله بسم الله الرحمن الرحيم واذا كتبتموها فقرؤوها وروى عنه صلى الله عليه وسلم أنه قال تخلقوا باخلاق الله ولا شك ان عادته تعالى فى ابتداء كل سورة الاتيان بالبسملة سوى براءة

Dalam riwayat yang lain Apabila Kamu sekalian menulis akan Kitab Maka Tulislah di dalamnya dengan Bismillahir Rohmanirrohiim, Dan Apabila kalian menulis akan Bismillah Maka Bacalah Akan Bismillah. Dan Dalam Riwayat lain dari Nabi SAW Bahsanya keadaan Nabi SAW itu bersabda : Berakhlaqlah kamu sekalian dengan akhlaqnya ALLOH dan janganlah Ragu sesungguhnya kebiasaan ALLOH TA"AALA di setiap awal permulaan surat itu mendatangkan BASMALAH kcuali di dalam Surat Baroah (attaubah.

Sekedar Tambahan antara penulisan Lafadz BISMIKA DAN BISMILLAH terjadi perbedaan Huruf alifnya lenyap/hilang jadi : Ini maknanya sangat dalam. Huruf Alif melambangkan Allah. Sedangkan Ba melambangkan seluruh jagad mahluk/ciptaan. ...Tersembunyi Alif dalam Ba diawal basmalah menunjukkan hakikat illahiah yang berada dibalik setiap ciptaan. Secara gampangnya, huruf Ba di awal basmalah adalah tajalli dari Alif yang tersembunyi di dalamnya. Dan Alif ini dapat dikenali dari pemanjangan penulisan huruf Ba pada awal basmalah.

Namun demikian, untuk menjaga rahasia eksistensi illahiah ini, dalam sebuah hadits (yang ditujukan bagi orang2 awam) Rasulullah SAW bersabda bahwa huruf Alif dalam basmalah telah hilang dicuri setan.

Kesimpulannya, ada perbedaan makna yang SANGAT BESAR antara kata Bismi dalam stiap surah. Bismi dalam basmalah berisi kandungan seluruh isi Al Quran. Dan juga dalam penulisan hotnya juga berbeda jadi Lafadz BISMILLAHnya pada Huruf BAnya di panjangkan (tegakan) lebih tinggi tidak sama pada lafadz BISMIKA Wallohu'alam...

فنحن مأمرون به وعملا بحديث أبى داود وغيره كل أمر ذى بال لايبدأ فيه بسم الله الرحمن الرحيم فهو أبتر أو أقتع أو أجزم والبل الشرف والعظمة أو الحال والشان الذى يهتم به شرعا

Maka Adapun Kita diperintahkan dengannya dan karena mengamalkan dengan hadist Abu Daud Dan Selainnya. Adapun setiap perkara yang mempunyai kemuliaan yang tidak dimulai padanya dengan Lafadz BISMILLAHIRROHMANIR ROHIIM Maka Perkara itu seperti hewan terputus ekornya atau terputus tangannya atau Sakit kusta (mudahnya artinya ada cacat)
Dan adapun Arti Lafadz Albaalu itu adalah Kemuliaan dan Keagungan atau keadaan dan urusan yang dianggap penting dngnnya menurut syari'at (agama).

ومعنى الاهتمام به طلبه أو اباحته بان لايكون مهرما لذاته ولامكروها لذاته لكن لاتطلب البسملة على محقرات الامور ككنس زبلولاتطلب للذكر المحض كالتهليل 

Adapun makna lafadz IHTIMAAM (Yang dianggap penting) dengannya itu adalah menuntutnya (perintah syaritat) atau membolehkannya (syariat) dengan bahwasanya tidak ada yang diharamkan kepada zatnya dan kemakruhan kepada zatnya. Akan tetapi tidaklah menuntut membaca basmalah atas perkara2 yang dianggap hina (ringan) seperti kansi zabalin yaitu menyapu sampah.
Dan tidaklah diperintahkan (membaca basmalah) karena dzikir yang sunyi seperti Tahlil (membaca Laa Ilaaha Illalloh).

 وقال الشيخ عميرة والبال أيضا القلب كأن الامر لشرفه وعظمه ملك قلب صاحبه لاشتغاله به

Dan berkata Syekh 'Amiroh : Dan adapun artinya lafadz ALBAALU (yang artinya kemuliaan) itu juga adalah Hati yang seakan-akan bahwa perkara pada kemuliaannya dan kebesarannya perkara itu adalah menguasainya akan hati yang mempunyainya karena ia menyibukan dengannya.
وفى قوله فيه للسببية على قياس قوله صلى الله عليه وسلم دخلت امرأة النار فى هرة أى بسببها حبستها 

Dan pada makna sabda Nabi SAW pada didalamnya itu untuk sababiyah atas qiyas:
TELAH MASUK SEORANG PEREMPUAN KE DALAM NERAKA DI SEBABKAN KUCING Ay maksudnya dengan sebab kucing (yaitu bukan diartikan dalam kucing) Wahh...harus blajar nahwu nya nih hehee...karena makna fii ini adalah makna sababiyah. Yaitu jelasnya perempuan ini telah masuk neraka karena sebab kucing yang dipenjara.

وهى امرأة من بنى اسراءيل والابتر مقطوع الذنب والاقطع من قطعت يداه أو احدا هما والاجزم بالذل المعجمة المقطوع اليد وقيل الذاهب الانامل*

Dan adapun dia adalah wanita dari bani israil. Dan adapun makna ABTAR DAN MAQTU'UDZANBI WAL IQTHO'U adalah orang yang terputus tangannya atau salah satu dari ke2 tangannya.
Dan makna AJDZAMU (sakit kusta) Adalah dengan Huruf Dzal yang diberi titik maksudnya Yang diputus tangannya, dan dikatakan maksudnya adalah Hilang Ujung2 jarinya. (Adzaahibul Anaamili)

----------------------------------------------------------------------

Pertanyaan :

ane bingung dengan perumpamaan ini: دخلت امرأة النار فى هرة أى بسببها حبستها.. lanjut aja deh.. hehe

Jawab :

Ga perlu bingung akmal...
Karena lafadz FII HURROTI Itu maknanya BI SABABI HURROH Artinya menjadi : Dengan sebab kucing yang ditahan (karena disiksa tidak diberi makan dll) jadi inilah yang menyebabkan perempuan ini masuk neraka dengan sebab demikian. Makanya ane katakan harus belajar ilmu nahwu juga tuk menjelaskan hadist diatas. Jadi Makna lafadz FII itu maknanya Sebab bukan Makna "di atau di dalam"

Oleh : Ibnu Samsudin Bin Elyas dan Ilham Sandy Firtha
Kaum Sarungan, 6 April 2012


http://www.facebook.com/groups/KAUMSARUNGAN/doc/395409727150732/

Tidak ada komentar:

Posting Komentar