KASYIFATUS AS-SAJA (4)

**وقال البراوى هو علة معروفة فهو من باب التشبيه البليغ ومعنى الحديث كل شئٍ له شرف وعظمة أو كل شئ يطلب أو يباح أو كل شئ له قلب أى يملك قلب لا يبدأ بسبب ذلك الشئ ببسم الله الرحمن الرحيم فهو كالحيوان المقطوع الذنب أو كمن قطعت يداه أو كمن ذهبت أنا مله كمن به جذام فى نقصه وعيبه شرعا وان تم حسا* واختلف فى البسملة هل هى آية من الفاتحة ومن كل سورة فعند مالك أنها ليست آية من الفاتحة ولا من كل سورة وعند عبدالله بن المبارك أنها أية من كل سورة وعند الشفعى أنها آية من الفاتحة وتردد فى غيرها ولم يختلفوا فيها فى النمل فى عدها من القرآن*
ومن خواصها اذا تلاها شخص عند النوم احدى وعشرين مرة أمن تلك اللية من الشيطان وأمن بيته من السرقة وأمن من موت الفجاة وغير ذلك من البلايا أفاده الصاوى (الحمد) أى الثناء بالكلام عل الجميل الاختيارى مع جهة التبخيل والتعظيم سواء كان فى مقابلة نعمة أم لا مستحق (لله) وهذا هو الحمد اللغوى الذى طلبت البداءة به وأما الحمد الاصطلاحى فلا يطلب البداءة به وهو فعل يدل على تعظيم المنعم من حيث كونه منعما على الحامد أو غيره سواء كان ذلك قولا باللسان أو اعتقادا باالجنان أو عملا بالاركان التى هى الاعضاء (رب) لما افتتاحا حقيقيا افتتح بالحمدلة افتتاحا اضافيا جمعا بين حديثى البسملة والحمدلة واقتداء بالكتاب أيضا***وعملا بحديث ابن ماجه كل أمر ذى بال لايبدأ فيه بالحمدلله فهو أجزم وفى رواية فهو أقطع* وفى رواية فهو ابتر والمعنى على كل مقطوع البركة وناقصها وقليلها


Terjemah kajian :

وقال البراوى هو علة معروفة فهو من باب التشبيه البليغ

Telah Berkata Syekh Al-Barowi Dan adapun hadis pada lafadz Ajzamu (Sakit kusta) itu adalah suatu penyakit yang diketahui maka lafadz itu dari bab Tasybih dalam Ilmu Balaghoh.

Sedikit ane bawain tentang ilmu balaghoh tentang Tasybih :

Tasybihuna Dalaatun 'Alaa Isytiroki Amroyni Fi Mana Bi alaatin ataak. Arkaanuhu Arba'atun Wajhun Adaah Wa Thorofaahu Fattabi' Sublan Najaah

Artinya : Adapun Tasybih kami itu menunjukan atas bersekutu kepada 2 perkara (Yaitu Musyabbah dan Musyyabbah Bih) pada makna (wajhu syibbih) dengan Alat Syibbih.
Adapun rukun Tasybih itu ada 4 macam :
-Wajhu syibbih
-Alat Tasybih
-Musyabbah
-Musyabbah Bih
(Jelasnya yang dimaksud 2 thorof/ujung yaitu Musyabbah dan Musyabbah bih)

Contoh :
SHOLIHUN KAL ASADI (adapun Kang sholihin itu seperti singa)

Lafadz kang sholihin disebut Musyabbah.
Dan Lafadz asad dsbut Musyabbah bih.
Dan lafadz Huruf Kaf pada kal asadi itu disebut Alat Tasybih.
Dan arti maknanya disebut Wajhu Syibbih yaitu Asyajaa'ah artinya Berani/galak hehee...
Jadi kesimpulan pada kalimat sebelumnya di dalam hadist tersebut ada lafadz ABTARU AW AQTHO'U AW AJDZAMU termasuk dalam bab sifat Tasybih dengan i'tibar bilangan 2 thorof yang terbagi kepada Tasybih Malfuf, Tasybih Mafruq, Tasbih Taswiyah dan Jamak.

Jadi liat aja lagi dikitabnya tentang ilmu balaghoh atau belajar ilmu balaghoh dan nahwunya hehee...afwan.

ومعنى الحديث كل شئٍ له شرف وعظمة أو كل شئ يطلب أو يباح أو كل شئ له قلب أى يملك قلب لا يبدأ بسبب ذلك الشئ ببسم الله الرحمن الرحيم فهو كالحيوان المقطوع الذنب أو كمن قطعت يداه أو كمن ذهبت أنا مله كمن به جذام فى نقصه وعيبه شرعا وان تم حسا*

Adapun makna hadits itu adalah setiap sesuatu yang ada baginya kemuliaan dan kebesaran atau sesuatu yang dituntut atau dibolehkan atau setiap sesuatu ada baginya itu hatinya menguasai, Jadi perkara yang tidak dimulai dengan sebab perkara itu. Jelasnya tidak dimulai membaca Bismillahir Rohmanir Rohiim maka seperti hewan yg terputus ekornya atau seperti orang yang dipotong tangannya atau ujung2 jarinya atau seperti orang yang terkena pnyakit kusta dalm kekurangan dan mempunyai aib menurut syariat dan sekalipun telah sempurna panca indaranya.

واختلف فى البسملة هل هى آية من الفاتحة ومن كل سورة فعند مالك أنها ليست آية من الفاتحة ولا من كل سورة وعند عبدالله بن المبارك أنها أية من كل سورة وعند الشفعى أنها آية من الفاتحة وتردد فى غيرها ولم يختلفوا فيها فى النمل فى عدها من القرآن*

Dan berbeda pendapat para ulama apakah di dalam lafadz Basmalah itu adalah suatu ayat bagian dari surat Alfatihah, Maka berpendapat Imam Malik bahwasanya Basmalah itu bukanlah termasuk ayat dari surat Alfatihah dan juga bukanlah ayat dari tiap2 surat. Dan berpndapat Imam Abdulloh Bin Mubarok itu adalah bagian ayat dari setiap surat dan Imam Syafi'i itu sebagai bagian ayat dari surat Alfatiha dan meragukan pada selainnya. Dan tidak ada perbedaan mereka pada surat annaml pada menghitung htung basmalah bagian dari alqur'an...

 ومن خواصها اذا تلاها شخص عند النوم احدى وعشرين مرة أمن تلك اللية من الشيطان وأمن بيته من السرقة وأمن من موت الفجاة وغير ذلك من البلايا أفاده الصاوى

Dan diantara kekhususan lafadz basmalah itu adalah apabila seseorang membacanya ketika mau tidur sebanyak 11 X, Maka diberikan keamanan pada malam itu dari setan dan diamankan dari pencuri dan diamankan dari mati faj_ah (kaget) dan selain dmikian dari malapetaka telah membri faidah oleh Ahmad Asshowi (Jangan lupa diamalkan yah teman2.. hehe..)

(الحمد) أى الثناء بالكلام عل الجميل الاختيارى مع جهة التبخيل والتعظيم سواء كان فى مقابلة نعمة أم لا مستحق (لله) 

(ALHAMDU) artinya Pujian dngan perkataan atas kbaikan yang bangsa ikhtiyar disertai dengan cara memuliakan dan mengagungkan sama saja keadaan itu di dalam mengimbangi suatu nikmat atau tidak itu yang berhak hanya untuk Alloh.

Sedikit tambahan dalam kitab Rowaa'iul Bayan Tafsiru Ayatil ahkam minal Qur'an karya Syekh Al-Alamah Muhammad Ali Ashobuwni hal 21 tentang lafadz ALHAMDU.

Berkata Alqurthubi : Adapun lafadz ALHAMDU di dalam kalam arab maknanya adalah pujian yang sempurna, Dan adapun huruf alif dan lam pada lafadz ALHAMDU Itu untuk Li istighroqil jinsi (penghabisan jenis) maksudnya jenis apapun itu pujian itu hanyalah Milik Alloh Ta'aala yang berhak dipuji dengan keseluruhannya. Adapun pujian itu mutlak dan Pujian itu lawanan dari celaan yaitu lebih merata daripada Syukur.
Karena bahwasanya syukur itu adalah membandingi kenikmatan dengan perbedaan Alhamdu (Pujian)

contoh kau katakan : Hamidtu Arrojula 'alaa syajaa'atihi dan atas 'ilmih (aku memuji akan seseorang lelaki atas keberaniannya dan atas ilmunya)
Syakartuhu 'alaa ihsaanih wal hamdu yakuwnu billisaan.
( aku mensyukuri atas kebaikannya)
dan adapun pujian itu dengan lisan dan syukur itu dengan hati dan lisan dan seluruh anggota badan.

  وهذا هو الحمد اللغوى الذى طلبت البداءة به وأما الحمد الاصطلاحى فلا يطلب البداءة به وهو فعل يدل على تعظيم المنعم من حيث كونه منعما على الحامد أو غيره سواء كان ذلك قولا باللسان أو اعتقادا باالجنان أو عملا بالاركان التى هى الاعضاء (رب)

Adapun ini itu adalah ALHAMDU (Yaitu Pujian) secara bahasa adalah yang dituntut pada permulaan dengannya setiap sesuatu.
Dan ALHAMDU (Pujian) secara istilah adalah Maka tidak dituntut memulai dengannya sesuatu, Dan adapun Ia (pujian secara istilah) adalah Perbuatan yang menunjukan atas keagungan Dzat yang memberikan kenikmatan dari segi keadaannnya adalah yang memberi kenikmatan atas yang memuji atau lainnya. Sama saja keadaan yang demikian (Yang memuji) itu melalui perkataan dengan lisan atau Itiqod (keyaqinan) dengan melalui hati atau perbuatan dengan anggota tubuh. (Bil arkaan allati hiyal 'adhoo_u)
Memujinya kepada Tuhan yang mengatur segala alam.

لما افتتاحا حقيقيا افتتح بالحمدلة افتتاحا اضافيا جمعا بين حديثى البسملة والحمدلة
واقتداء بالكتاب أيضا***وعملا بحديث ابن ماجه كل أمر ذى بال لايبدأ فيه بالحمدلله فهو أجزم وفى رواية فهو أقطع* وفى رواية فهو ابتر والمعنى على كل مقطوع البركة وناقصها وقليلها

Tatkala membuka mushonif kitabnya dengan basmalah dengan pembukaan yang haqiqi maka membukanya mushonif (pengarang) dengn HAMDALAH dengan pembukaan lagi menyandarkan akan smuanya antara 2 hadist yaitu tentang Basmalah dan hamdalah dan karena mengikuti juga dengan kitab (Alqur'an) dan mengamalkan hadist dari Ibnu Majah : Kullu Amrin dzi baalin Laa Yubda_u Fiyhi Bil Hamdalah fahuwa Ajdzamu artinya :
Adapun stiap perkara yang mempunyai kemuliaan/bagus maka tidak dimulainya dengan Pujian (kepada Alloh) maka Ia Ajdzam dalam riwayat lain Aqtho'u dalam riwayat lain Abtaru artinya :
Dan adapun maknanya adalah atas setiap yang diputuskan keberkahannya dan kurang dan sedikit keberkahannya.


Oleh : Ibnu Samsudin Bin Elyas dan Ilham Sandy Firtha
Kaum Sarungan, 8 April 2012

http://www.facebook.com/groups/KAUMSARUNGAN/doc/395411900483848/

Tidak ada komentar:

Posting Komentar