باب ما ينفع الميت من قول غيره




قال النووي في كتابه (الأذكار) ما نصه [باب ما ينفع الميت من قول غيره[

أجمع العلماء على أن الدعاء للأموات ينفعهم ويصلهم ثوابه واحتجوا بقوله تعالى : وَالَّذِينَ جَاؤُوا مِن بَعْدِهِمْ يَقُولُونَ رَبَّنَا اغْفِرْ لَنَا وَلإِخْوَانِنَا الَّذِينَ سَبَقُونَا بِالإِيمَانِ سورة الحشر، وغير ذلك من الآيات المشهورة بمعناها، وفي الأحاديث المشهورة كقوله صلى الله عليه وسلم اللهم اغفر لأهل بقيع الغرقد"، وكقوله صلى الله عليه وسلم "اللهم اغفر لحينا وميتنا" رواه الترمذي والنسائي وأبو داود، وغير ذلك] اهـ.





ومما يشهد لنفع الميت بقراءة غيره حديث معقل بن يسار أنّ رسول الله صلى الله عليه وسلم قال "اقرءوا يس على موتاكم" رواه أبو داود، والنسائي في عمل اليوم والليلة، وابن ماجه، وأحمد، والحاكم، وابن حبان.



Imam Nawawi berkata dalam kitab al-Azkar didalam Bab "Hal yang bermamfaat untuk mait dari ucapan (doa dan lainnya) orang lain"

Telah ijma' Ulama bahwa doa untuk mait dapat memberi mamfaat bagi mait dan fahala dari doa tersebut sampai kepada mait. Ulama mengemukakan dalil dari firman Allah {dan orang-orang yang datang sesudah mereka (muhajirin dan anshar), mereka berdoa : "ya Tuhan kami, beri ampunlah kami dan saudara-saudara kami yang telah beriman lebih dahulu dari kami ... "} (QS: al-Hasyr : 10) dan ayat-ayat masyhur lain yang semakna dengan ayat ini. Juga berdasarkan Hadits yang masyhur seperti sabda Rasulullah saw. "Ya Allah ampunilah ahli perkuburan Baqi'" dan seperti sabda Rasulullah saw. "Ya Allah ampunilah orang-orang yang masih hidup dan orang-orang yang telah meninggal" HR: Tarmizi dan Nasa-i dan Abu Daud dan selainnya.

Dalil yang menjadi saksi bermamfaatnyan qiraah (bacaan al-quran/doa) terhadap mait adalah Hadits dari Mu'qil bin Yasar, sesungguhnya Rasulullah saw. bersabda "Bacalah (surat) Yasin atas mait-mu (sedang sakratul maut atau setelahnya). HR : Abu Daud dan Nasa-i pada Bab "Amalan Hari dan Malam" dan juga diriwayatkan oleh Ibnu Majah dan Ahmad dan al-Hakim dan Ibn Hubban.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar