KASYIFATU AS-SAJA (10)



lanjutan kasyifatu as-Saja >> Bismillahirrohmanirrohim.. Allahumma Solli 'ala Sayyidina Muhammad wa alihi wasohbihi wasallim

(وصحبه) وهو من اجتمع مؤمنا بالنبى صلى الله عليه وسلم بعد الرسالة ولو قبل الامر بالدعوة فى حال حياته اجتماعا متعارفا بان يكون فى الارض ولو فى ظلمة أو كان أعمى وان لم يشعربه أو كان غير مميز أو مارا أحد هما على الآخر ولو نائم أو لم يجتمع به لكن رأى النبى أو رآه النبى ولو مع بعد المسافة ولو ساعة واحدة بخلاف التابعى مع الصحابى فلا تثبت التابعية الا بطول الاجتماع معه عرفا على الاصح عند اهل الاصول والفقهاء أيضا ولا يكفى مجرد اللقاء بخلاف لقاء الصحابى مع النبى لان الاجتماع به يؤثر من النور القلبى أضعاف ما يؤثره الاجتماع الطويل بالصحابى وغيره لكن قال احمد السحيمى التابعى هو من لقى الصحابى ولو قليلا وان لم يسمع منه ثم اعلم أن الخلفاء الاربعة فى الفضل على حسب ترتيبهم فى الخلافة عند أهل السنة فا فضلهم أبو بكر واسمه عبدالله ثم عمر ثم عثمان ثم على رضى الله عنهم ويدل لذلك حديث ابن عمر كنا نقول ورسول الله صلى الله عليه وسلم يسمع خيرهذه الأمة بعد نبيها ابو بكر ثم عمر ثم عثمان ثم على فلم نبيها ويليهم فى الافضلية الستة الباقون وهم طلحة والزبير وعبدالرحمن وسعد وسعيد وعامر ولم يرد نص بتفاوت بعضهم على بعض في الافضلية فلا نقول أما من اجتمع بالانبياء قبله صلى الله عليه وسلم فيقال لهم حواريون (اجمعين) توكيد لآله وصحبه

Bismillah Walhamdulillah 'alaa Ni'matil Iman Wal Islam Bi Laa Ilaaha Illalloh...

Terjemah kajian :

(وصحبه) وهو من اجتمع مؤمنا بالنبى صلى الله عليه وسلم بعد الرسالة ولو قبل الامر بالدعوة فى حال حياته اجتماعا متعارفا

Dan dengan para sahabatnya (Nabi) dan dia sahabat adalah orang yang berkumpul dalam keadaan beriman dengan Nabi SAW setelah risalah (menerima risalah dari Alloh) meskipun sebelum di perintahkan dengan berdakwah pada keadaan hidupnya (Nabi) dengan berkumpul lagi saling mengenal.

بان يكون فى الارض ولو فى ظلمة أو كان أعمى وان لم يشعربه

Dengan bahwasanya ada berkumpul di muka bumi meskipun di dalam tempat yang gelap (bersmbunyi) atau ada orang itu buta meskipun ia tidak tau kepada Nabi. 

أو كان غير مميز أو مارا أحد هما على الآخر ولو نائم أو لم يجتمع به

Atau ada orang itu belum tamyiz atau melewati salah satu dari ke 2 nya atas yang lain meskipun sedang tidur atau belum pernah berkumpul orang itu bersama Nabi.

لكن رأى النبى أو رآه النبى ولو مع بعد المسافة ولو ساعة واحدة بخلاف التابعى مع الصحابى فلا تثبت التابعية الا بطول الاجتماع معه عرفا على الاصح عند اهل الاصول والفقهاء أيضا

Akan tetapi ia (orang tersebut) pernah melihat Nabi atau pernah melihatnya Nabi sekalipun jauh jaraknya dan sekalipun hanya suatu saat saja (Saa'atan Waahidatan) berbeda dengan yang mengikuti sahabat, Maka tidak tetap mengikutinya kecuali dengan lamanya waktu berkumpulnya bersama sahabat itu menurut adat atas qoul yang Ashoh (Shohih) menurut ulama ahli usul dan fiqh begitu juga.

ولا يكفى مجرد اللقاء بخلاف لقاء الصحابى مع النبى لان الاجتماع به يؤثر من النور القلبى أضعاف ما يؤثره الاجتماع الطويل بالصحابى وغيره لكن قال احمد السحيمى التابعى هو من لقى الصحابى ولو قليلا وان لم يسمع منه

Dan tidak cukup hanya berjumpa saja, berbeda dengan bertemunya Sahabat bersama dengan Nabi karena bahwasanya berkumpul dengan Nabi itu akan membri pengaruh (bekas) dari cahaya hatinya dengan berlipat ganda. Adapun sesuatu yaitu Nur yang dipengaruhinya oleh berkumpul yang lama dengan sahabat dan selainnya.
Akan tetapi tlah berkata Ahmad AsSuhaemi : ATTABI' (adapun orang yang mengikuti/ tabi') itu adalah orang yang pernah bertemu sahabat walaupun hanya sebentar dan walaupun ia tidak mendengarkan apa2 dari sahabat.

ثم اعلم أن الخلفاء الاربعة فى الفضل على حسب ترتيبهم فى الخلافة عند أهل السنة

Kemudian ketahuilah olehmu : Sesungguhnya para kholifah yang empat (Abu Bakr, Umar, Utsman dan Ali Rhodiyallohu 'anhum) itu ada di dalam keutamaan di atas menghitung ketertiban mereka di dalam khilaf menurut pendapat ahlu sunnah.

فا فضلهم أبو بكر واسمه عبدالله ثم عمر ثم عثمان ثم على رضى الله عنهم

Maka adapun yang paling utama diantara mereka adalah Abu Bakr dan Namanya ebliau adalah 'Abdulloh kemudian 'Umar kmudian Utsman kemudian Ali semoga Alloh meridhoi mereka (Aamiin)

ويدل لذلك حديث ابن عمر كنا نقول ورسول الله صلى الله عليه وسلم يسمع خيرهذه الأمة بعد نبيها ابو بكر ثم عمر ثم عثمان ثم على فلم نبيها

Dan menunjukan pada demikian (paling afdhol) oleh hadist Ibnu Umar (Abdulloh),
Dulu ada siapa kami berkata sedangkan Rosululloh SAW Mendengarkan Sebaik-baiknya ini umat setelah Nabi kami adalah Abu Bakr kmudian Umar kmudian Utsman kemudian Ali maka tidaklah mencegah (menyanggah) diantara kami.

ويليهم فى الافضلية الستة الباقون وهم طلحة والزبير وعبدالرحمن وسعد وسعيد وعامر ولم يرد نص بتفاوت بعضهم على بعض في الافضلية فلا نقول أما من اجتمع بالانبياء قبله صلى الله عليه وسلم فيقال لهم حواريون (اجمعين)

Dan yang mengiringi mereka pada keutamaan ada 6 orang sepeninggalannya, Dan mereka adalah Tholha dan Zubair dan 'Abdur Rohman dan Sa'ad dan Said dan 'Amir dan tidak datang Nash dengan keluputan (perbedaan) sebagian mereka dengan sebagian yang lain di dalam paling utamanya maka tidaklah kami katakan dengannya (perbedaan itu).
Adapun orang yang brkumpul dengan para Nabi sebelumnya (Nabi Muhammad) Shollallohu 'Alayhi Wa Sallam, Maka kami katakan mereka adalah Hawariyyun.


Sedikit tambahan tentang Hawariyyun, Sebagaimana telah bersabda Nabi Isa ketika Hawariyyun (Para pembantu/membantu Nabi Isa) bertanya kepadanya, Siapakah yang murni amalnya?
Maka beliau menjawab : Orang yang beramal karena Alloh Ta'aala ia tidak suka dipuji oleh siapapun.
Jadi jika disebut tentang Hawariyyun maka adalah orang2 yang membantu para Nabi sebelumnya sedangkan jika orang yang membantu Nabi Muhammad SAW adalah disebut Sahabat.

توكيد لآله وصحبه


Wallohu 'Alam bisshowaab...

Oleh : Ibnu Samsudin bin Elyas dan Ilham Sandy Firtha
Kaum Sarungan, 19 April 2012


3 komentar:

  1. dilanjut kang....mantap...insya allah manfaat dunia akhirat

    BalasHapus
  2. KANG YANG LANJUTAN KADIFATUS SAJA (11 ) KOK GAK ADA

    BalasHapus
  3. Ustadz kok lanjutannya belum ada

    BalasHapus