KASYIFATU AS-SAJA (7)



lanjutan kasyifatu as-Saja >> Bismillahirrohmanirrohim.. Allahumma Solli 'ala Sayyidina Muhammad wa alihi wasohbihi wasallim


**(مسألة) قال اسمعيل الحامدى فان قيل ان الرحمة للنبى حاصلة نطلبها تحصيل ألحاصل* فالجواب أن المقصود بصلاتنا عليه طلب رحمة لم تكن فانه ما من وقت الآو هناك رحمة لم تحصل له فلا يزال يترقى فى الكمالات الى مالانهاية له فهو ينتفع بصلاتنا عليه على الصحيح لكن لاينبغى أن يقصد المصلى ذلك بل يقصد التوصل الى ربه فى نيل مقصوده ولا يجوز الدعاء للنبى صلى الله عليه وسلم بغير الوارد كرحمة الله بل مناسب والائق فى حق الانبياء الدعاء بالصلاة والسلام وفى حق الصحابة والتابعين والاولياء والمشايخ بالترضى وفى حق غيرهم يكفى أى دعاء كان انتهى (على سيدنا محمد) هو أفضل أسمائه صلى الله عليه وسلم والمسمى له بذلك جده عبد المطالب فى سابع ولادته لموت أبيه قبلها فقليل له لم سميته محمدا وليس من أسماء آبائك ولا قومك فقال رجوت أن يحمد فى السماء والارض وقد حقق الله رجاءه**

Terjemah kajian :

(مسألة) قال اسمعيل الحامدى فان قيل ان الرحمة للنبى حاصلة نطلبها تحصيل ألحاصل

Bermula Ini itu adalah suatu masalah. Telah berkata Syekh Ismail Alhamidi : Maka jika dikatakan Arrohmah (Rahmat Alloh) kepada Nabi itu sudah hasil. Maka menuntutnya (memohonnya) Rohmat itu Menghasilkan yang sudah hasil.

فالجواب أن المقصود بصلاتنا عليه طلب رحمة لم تكن فانه ما من وقت الآو هناك رحمة لم تحصل له

Maka jawabannya bahwasanya maksud dengan sholawat kita atas Nabi itu adalah meminta Rohmah yang belum ada pada Nabi, Karena bahwasanya keadaan itu tidaklah dari suatu waktu melainkan disana rohmat yang belum hasil bagi Nabi.

فلا يزال يترقى فى الكمالات الى مالانهاية له

Maka tidaklah hilang/ tidaklah henti2nya/ Ia snantiasa meningkat di dalam kesempurnaan sampai kepada sesuatu (Tingkatan) yang tidak ada penghabisan/penghujung baginya.


فهو ينتفع بصلاتنا عليه على الصحيح لكن لاينبغى أن يقصد المصلى ذلك بل يقصد التوصل الى ربه فى نيل مقصوده

Maka adapun beliau mendapatkan manfaat dengan sholawat kita kepadanya atas qoul yang shohih. Akan tetapi tidaklah syogyanya/ tidak pantas bahwasanya bermaksud orang yang brsholawat akan demikian itu. Tetapi Ia bermaksud akan bertawasul (Berwasilah) kepada Tuhannya di alam memperoleh tujuan / maksudnya.

Jadi inilah maksud bahwa kita bersholawat kepada Nabi akan kembali kebaikan itu kepada diri kita sendiri.

ولا يجوز الدعاء للنبى صلى الله عليه وسلم بغير الوارد كرحمة الله بل مناسب والائق فى حق الانبياء الدعاء بالصلاة والسلام وفى حق الصحابة والتابعين والاولياء والمشايخ بالترضى وفى حق غيرهم يكفى أى دعاء كان انتهى 

Dan tidak boleh mendoakan kepad Nabi SAW dengan tanpa yang warid yaitu seperti berdoa memakai lafadz Karohimahulloh, Tetapi yang pantas dan layak pada haq para Nabi itu dengan Sholawat dan Salam.
Dan tuk para sahabat dan tabi'in dan para wali dan para guru2 (Masyaaikh) dengan Rhodiyalloh 'anhu dan pada slain mereka maka cukup dengan doa apa saja adanya, Selesai sudah.

(على سيدنا محمد) هو أفضل أسمائه صلى الله عليه وسلم والمسمى له بذلك جده عبد المطالب فى سابع ولادته لموت أبيه قبلها فقليل له لم سميته محمدا وليس من أسماء آبائك ولا قومك فقال

atas penghulu kami yaitu Nabi Muhammad, Yaitu (Muhammad) adalah paling afdholnya dari nama2nya Shollallohu 'Alayhi Wa Sallama dan Dinamai nama kepdanya dengan demikian itu adalah oleh kakeknya Abdul Mutholib pada 7 hari dari kelahirannya karena kematian ayahnya sebelum lahir, Maka dikatakan (ditanya) bagi Abdul Mutholib, Pada sesuatu (Mengapa) kau menamakan akan Muhammad, Padahal itu bukanlah dari Nama2 bapak (Buyut) engkau dan juga qoum engkau?
Maka menjawab (Abdul Mutholib) : 

رجوت أن يحمد فى السماء والارض وقد حقق الله رجاءه

Aku berharap (memberikan nama Muhammad) agar mendapat pujian di langit dan di bumi. Dan sungguh telah menyatakan kebenaran Alloh akan harapannya Abdul Mutholib.

-----------------------------------------------------------------------------

Pertanyaan :  
Kalau ke syeikh abdul qodir jailana QODDASALLAHU SIRROHU BOLEH ga? (Abine Fina'ul Jannah)

Jawab : 
Boleh kang, Jangankan ke Syekh Abdul Qodir Djaelani ke Syekh Imam Ibnu Athoilah saja boleh kok, Liat muqoddimah kitab Syarah Hikam Hal 2 bertuliskan seperti ini :
Hadzihi Taqyidatun Lathifatun 'Alaa Hikamil 'Aarifi Billah Sayyidi Ahmad Bin Athoo_illah QODDASA SIRROHU...Ilaa akhir...
Artinya :
Bermula ini itu adalah kaitan2 (hubungan) yang lembut (bagus) atas hukum orang yang Arif (ma'rifah) kepada Alloh yaitu Tuan Ahmad Bin Athoillah SEMOGA MENSUCIKAN ALLOH AKAN RAHASIA2NYA.


Oleh : Ibnu Samsudin Bin Elyas dan Ilham Sandy Firtha
Kaum Sarungan, 13 April 2012

1 komentar:

  1. Qoddasallohu sirrohu , itu arti nya apa Ustadz mohon penjelasan nya , terima kasih .

    BalasHapus